VISI
Terwujudnya Peserta Didik
Yang
Cerdas, Beriman dan Berakhlak, Serta Terampil Dalam Beriptek Dengan
Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila Melalui Guru dan Sekolah
Yang Berpihak Pada Siswa.
MISI
1.
Melaksanakan pendidikan
untuk mengembangkan Kepribadian Nilai – Nilai Agama dan Berbudaya Lingkungan.
2.
Melaksanakan proses
pembelajaran dan bimbingan secara profesional, disiplin dan bertanggung jawab
serta melaksanakan berbagai inovasi pembelajaran.
3.
Melaksanakan program
sekolah dengan menerapkan menajemen partisipasi yang berpihak pada siswa.
4.
Mengebangkan proses
pembelajaran yang berbasis Digitalisasi Sekolah sesuai dengan Merdeka Belajar yang
berpihak pada Siswa.
5.
Menumbuh kembangkan semangat
rasa cinta Bangsa dan Tanah Air melalui gerakan literasi Sekolah.
Tujuan Sekolah
Tujuan akhir yang di harapkan oleh satuan pendidikan
SDN 12 Sarae Kota Bima sebagai sekolah Pengimbasan dari sekolah penggerak dalam
pelaksanaan program program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah di tetapkan
dalam bentuk tiga bagian yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah
dan tujuan jangka pendek.
Tujuan Jangka Panjang
1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang
beriman bertaqwa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar
kritis, kreatif, kompetitif, memiliki keterampilan abad 21 dan jiwa raga yang sehat.
1. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikanya
ke jenjang lebih tinggi pada lembaga
akademik terbaik sesuai minat dan bakat yang di milkinya.
2. Menghasil lulusan
yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, dan
dapat memanfaatkan tekhnologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya.
Tujuan Jangka Menengah
1. Membentuk dimensi pembelajar sepanjang hayat serta
memiliki profil sesuai dengan 6 dimensi profil pelajar pancasila.
2. Menyusun beban belajar pelajar yang fleksibel atau
manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses mengajar yang
menyenangkan dan kontekstual.
3. Membekali pelajar dengan penguasaan kompetensi
sesuai dengan 6 literasi dasar ( literasi baca dan tulis, literasi numerasi,
literasi sain, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan, dan literasi
finansial.
4. Memfasilitasi pelajar dapat melampaui kompetensi
pengetahuan akademik dan non akademik dan keterampilan minimal untuk jenjang ke
SLTP sederajat.
5. Memfasilatsi pelajar mampu menyusun laporan proyek
sederhana yang orisinil.
6. Membekali pelajar dengan keahlian kecakapan hidup
melalui kegiatan proyek sederhanana sesuai tema yang di pilih untuk
pengembangan bakat dan minat pelajar.
Tujuan Jangka Pendek
1.
Basis pofil pelajara pancasila.
a. Melaksanakan pembiasaan sikap dan budaya rutinitas
sekolah berbasis profil pelajara pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang di
selenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
b. Melaksanakan 100%
penilaian sikap berbasi proyek profil pelajar pancasila
c. Mendorong
100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis
Profil Pelajar Pancasila.
2.
Proses belajar mengajar
terintegrasi
a.
Mendorong agar tingkat keterlibatan
pelajar dalam proses belajar mengajar dan Kegiatan budaya rutinitas mencapai minimal 95%.
b.
Mengelola proses belajar mengajar dan
kegiatan budaya rutitinas satuan pendidikan mencampai tingkat kepuasan pelajar minimal 90%.
c.
Mengintegrasikan project based learning
pada 100% mata pelajaran.
d. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif
per tahun dari project based learning.
3. Evaluasi dan asesmen dengan HOTS
a. Memfasilitasi
100% pelajar mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan
keterampilan.
b. Melaksanakan
100% proses penilaian yang memuat minimal 25% soal bertipe HOTS.
c. Membekali
agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan dengan
benar.
d. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM
(Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
e. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM
(Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
f. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM
(Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
4. Berpusat
pada Murid sesuai dengan bakat dan minat
a. Memfasilitasi
100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis berupa laporan hasil proyek
sesuai dengan minatnya dengan maksimal 20% pada plagiarism score (Aplikasi).
b. Mendorong
100% pelajar memilih Tema Proyek Dimensi Profil Pelajar pancasila berdasar bakat dan minatnya.
c. Mengikutkan
100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
d. Mengikutkan
100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya.
e. Mengikutkan
100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun
sesuai bakat dan minatnya.