VISI MISI dan Tujuan SDN 12 Sarae Kota Bima

image

VISI

Terwujudnya Peserta  Didik  Yang  Cerdas, Beriman dan Berakhlak, Serta Terampil Dalam Beriptek Dengan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila Melalui Guru dan Sekolah

Yang Berpihak Pada Siswa.

 

MISI

1.     Melaksanakan pendidikan untuk mengembangkan Kepribadian Nilai – Nilai Agama dan Berbudaya Lingkungan.

2.     Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara profesional, disiplin dan bertanggung jawab serta melaksanakan berbagai inovasi pembelajaran.

3.     Melaksanakan program sekolah dengan menerapkan menajemen partisipasi yang berpihak pada siswa.

4.     Mengebangkan proses pembelajaran yang berbasis Digitalisasi Sekolah sesuai dengan Merdeka Belajar yang berpihak pada Siswa.

5.     Menumbuh kembangkan semangat rasa cinta Bangsa dan Tanah Air melalui gerakan literasi Sekolah.

Tujuan Sekolah

Tujuan akhir yang di harapkan oleh satuan pendidikan SDN 12 Sarae Kota Bima sebagai sekolah Pengimbasan dari sekolah penggerak dalam pelaksanaan program program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah di tetapkan dalam bentuk tiga bagian yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

 

Tujuan Jangka Panjang

 

1.   Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman bertaqwa, berakhlak mulia,  berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, kompetitif, memiliki keterampilan abad 21 dan  jiwa raga yang sehat.

1.   Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikanya ke jenjang lebih tinggi  pada lembaga akademik terbaik sesuai minat dan bakat yang di milkinya.

2.    Menghasil lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, dan dapat memanfaatkan tekhnologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya.

 

Tujuan Jangka Menengah

1.   Membentuk dimensi pembelajar sepanjang hayat serta memiliki profil sesuai dengan 6 dimensi profil pelajar pancasila.

2.   Menyusun beban belajar pelajar yang fleksibel atau manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.

3.   Membekali pelajar dengan penguasaan kompetensi sesuai dengan 6 literasi dasar ( literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sain, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan, dan literasi finansial.

4.   Memfasilitasi pelajar dapat melampaui kompetensi pengetahuan akademik dan non akademik dan keterampilan minimal untuk jenjang ke SLTP sederajat.

5.   Memfasilatsi pelajar mampu menyusun laporan proyek sederhana yang orisinil.

6.   Membekali pelajar dengan keahlian kecakapan hidup melalui kegiatan proyek sederhanana sesuai tema yang di pilih untuk pengembangan bakat dan minat pelajar.

 

Tujuan Jangka Pendek

1.       Basis pofil pelajara pancasila.

a.       Melaksanakan pembiasaan sikap dan budaya rutinitas sekolah berbasis profil pelajara pancasila secara terintegrasi  pada 100% mata pelajaran yang di selenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.

b.       Melaksanakan 100%  penilaian sikap berbasi proyek profil pelajar pancasila

c.       Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.

2.       Proses belajar mengajar terintegrasi

a.       Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar dan Kegiatan  budaya rutinitas mencapai minimal 95%.

b.       Mengelola proses belajar mengajar dan kegiatan budaya rutitinas satuan pendidikan mencampai  tingkat kepuasan pelajar minimal 90%.

c.       Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran.

d.       Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.

3.       Evaluasi dan asesmen dengan HOTS

a.     Memfasilitasi 100% pelajar mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran  minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.

b.     Melaksanakan 100% proses penilaian yang memuat minimal 25% soal bertipe HOTS.

c.     Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan dengan benar.

d.     Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.

e.     Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.

f.      Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.

4.       Berpusat pada Murid sesuai dengan bakat dan minat

a.     Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis berupa laporan hasil proyek sesuai dengan minatnya dengan maksimal 20% pada plagiarism score (Aplikasi).

b.     Mendorong 100% pelajar memilih Tema Proyek Dimensi Profil Pelajar pancasila    berdasar bakat dan minatnya.

c.     Mengikutkan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.

d.     Mengikutkan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya.

e.     Mengikutkan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun  sesuai bakat dan minatnya.