Peningkatan Keterampilan Berhitung dan Berbahasa Inggris melalui Permainan Lompat Angka

Pelaksanaan KBM  pelajaran Bahasa Inggris di awal pembelajaran di Kelas 4A dan pelakasanaan KBM di akhir pembelajaran dilaksanakan di kelas 4B. Kegiatan pembelajaran di isi dengan siswa melakukan permainan Lompat Angka. Permainan ini dilakukan di ruang kelas, guru menuliskan angka-angka 1 hingga 100 dalam sebuah kotak-kotak besar di lantai. Setiap siswa diminta untuk melompati angka secara berurutan, sambil mengucapkan angka tersebut dalam Bahasa Inggris. Misalnya, saat melompat ke angka 15, siswa mengucapkan "fifteen", melompat ke 22, mengucapkan "twenty-two", dan seterusnya.

Metode ini memberikan manfaat ganda (dual benefits) bagi siswa:

Keterampilan Berhitung: Siswa secara tidak langsung mengulang dan menguatkan pemahaman mereka tentang urutan angka. Aktivitas fisik melompat juga membantu otak mereka menyerap informasi dengan lebih baik.

Keterampilan Berbahasa Inggris: Dengan mengucapkan angka dalam Bahasa Inggris secara langsung, siswa melatih pengucapan (pronunciation) dan kosa kata (vocabulary) mereka. Ini juga meningkatkan keberanian siswa untuk berbicara dalam Bahasa Inggris di depan teman-temannya.

Dengan memadukan unsur fisik (bermain) dan akademik (berhitung dan Bahasa Inggris), proses pendidikan menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan berdampak positif pada perkembangan siswa secara menyeluruh. #SJ81#