Membentuk Generasi Emas, Siswa Kelas 5 Terapkan Norma, Hak, dan Kewajiban di Sekolah dan Rumah

Pendidikan karakter, khususnya dalam memahami dan menerapkan Pancasila, kini menjadi fokus utama di jenjang sekolah dasar. Tidak hanya sebagai hafalan, siswa-siswi kelas 5  kini diajak untuk benar-benar menginternalisasi norma-norma Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Langkah ini diharapkan mampu mencetak generasi emas yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia.

Pada saat pelaksanaan KBM di dalam ruang kelas, guru memberikan tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk dikerjakan secara berkelompok. Para siswa-siswi dengan penuh antusias mendiskusikan "Misi di sekolah dan Misi di Rumah" tentang Norma. Hak, dan Kewajiban. Setelah menyelesaikan semua pertanyaan pada LKS para siswa sesuai kelompok kemudian mempresentasikan hasil tugas LKS di depan kelas.

Inti dari pembelajaran pendidikan pancasila hari ini adalah menyadari bahwa hak dan kewajiban saling berkaitan. Agar bisa mendapatkan hak, kita harus terlebih dahulu menjalankan kewajiban. Misalnya, hak untuk mendapatkan nilai bagus akan tercapai jika kita melaksanakan kewajiban untuk belajar. Norma menjadi pedoman agar kita dapat menyeimbangkan antara hak dan kewajiban secara adil dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui kegiatan pembelajaran ini: norma, hak, dan kewajiban bukan lagi sekadar kata-kata, melainkan perilaku nyata yang membentuk karakter murid. #SJ81#