Penguatan Konsep Dasar Matematika di Kelas 5, Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah Sampai 100.000

Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi numerik siswa, pembelajaran matematika di tingkat dasar terus diperkuat. Salah satu materi esensial yang kini menjadi fokus utama di kelas 5 adalah membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah. Guru matematika, memulai pelajaran dengan mengajak siswa bermain tebak angka. Permainan ini dirancang untuk memperkenalkan kembali konsep nilai tempat, mulai dari satuan, puluhan, ratusan, hingga ratusan ribuan, yang menjadi kunci utama dalam membandingkan bilangan.

"Anak-anak harus mengerti bahwa dari angka 56.560, angka 5 pada posisi puluh ribuan memiliki nilai yang jauh lebih besar daripada angka 6 pada posisi puluhan. Dengan pemahaman ini, mereka bisa menghindari kesalahan saat berhadapan dengan bilangan yang lebih besar. 

Salah satu siswa, Lutfi, mengaku kini lebih mudah memahami materi ini. "Dulu saya bingung kalau angkanya banyak sekali. Tapi, sekarang saya tahu harus melihat nilai tempatnya dulu dari kiri ke kanan. Jadi, tidak salah lagi," ujarnya dengan antusias. #SJ81#