Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Kegiatan Literasi

Periode usia SD adalah masa emas bagi perkembangan kognitif anak. Di sinilah otak mereka seperti spons, sangat mudah menyerap informasi. Kemampuan literasi yang baik pada tahap ini akan sangat memengaruhi berbagai aspek penting dalam hidup mereka. Hampir semua mata pelajaran di sekolah, mulai dari IPAS, Matematika, Pendidikan Pancasila, Mulok hingga Bahasa Indonesia, memerlukan kemampuan membaca dan memahami teks.
Ketika anak-anak membaca buku, mereka secara otomatis dilatih untuk menganalisis informasi, mengevaluasi ide-ide, dan bahkan membentuk opini sendiri. Ketika membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan, minat belajar anak akan tumbuh secara alami.
Buku dan berbagai sumber bacaan lainnya akan menjadi sarana eksplorasi tanpa batas, memicu rasa ingin tahu, dan mendorong semangat mereka untuk terus mencari tahu lebih banyak. Mereka jadi tidak takut untuk bertanya dan mencari jawaban.
Mari bersama-sama, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, kita ciptakan generasi anak SD yang gemar membaca, mampu memahami, dan cakap menulis. Karena dari setiap lembar buku yang mereka baca, dari setiap kalimat yang mereka pahami, dan dari setiap ide yang mereka tuliskan, akan terukir masa depan yang lebih cerah dan gemilang.