Menggali Keunikan dan Kebutuhan Belajar Murid SDN 12 Sarae Kota Bima Melalui Asesmen Diagnostik

          SDN 12 Sarae Kota Bima – Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermakna dan tepat sasaran,Guru-guru SDN 12 Sarae Kota Bima telah melaksanakan kegiatan asesmen diagnostik di awal tahun ajaran 2025/2026. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengenali keunikan dan kebutuhan belajar setiap murid, agar proses pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kemampuan, potensi, dan gaya belajar masing-masing siswa.

         Asesmen diagnostik dilakukan oleh guru-guru kelas dan mata pelajaran, dengan bentuk yang bervariasi, mulai dari tes tertulis, wawancara sederhana, hingga observasi langsung terhadap perilaku dan kebiasaan belajar siswa di kelas. Hasil asesmen ini menjadi dasar penting dalam menyusun strategi pembelajaran yang berdiferensiasi dan pembelajarn mendalam  serta mendukung perkembangan akademik dan karakter siswa secara optimal.

         Kepala SDN 12 Sarae Kota Bima, Ibu Fatimah, S.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan semangat Merdeka Belajar, di mana setiap anak berhak mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. “Setiap anak itu unik. Mereka memiliki latar belakang, kemampuan, dan cara belajar yang berbeda. Melalui asesmen diagnostik, guru bisa lebih memahami muridnya secara mendalam dan membimbing mereka dengan pendekatan yang lebih personal,” ujar beliau.Dengan pelaksanaan asesmen ini, diharapkan seluruh pendidik di SDN 12 Sarae Kota Bima tidak hanya fokus pada capaian akademik semata, tetapi juga mampu memfasilitasi proses belajar yang menyenangkan, adaptif, dan memberdayakan setiap potensi anak.