MENGENAL MERDEKA BELAJAR BERSAMA ANGGREK 12 KOTA BIMA

MENGENAL MERDEKA BELAJAR BERSAMA ANGGREK 12 KOTA BIMA 


Apa itu Merdeka Belajar untuk anak SD?

Esensi dari merdeka belajar, yaitu kebebasan berpikir yang ditujukan kepada siswa dan guru, sehingga mendorong terbentuk karakter jiwa merdeka karena siswa dan guru dapat mengekplorasi pengetahuan dari lingkungannya, yang selama ini siswa dan guru belajar berdasarkan materi dari buku atau modul

 

Langkah langkah dalam proses pembelajaran?

Description: Hasil gambar

Ibrahim (2000: 10) mengemukakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif yang terdiri atas 6 langkah, yaitu:

1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.

2.    Menyajikan informasi.

3.    Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.

4.    Membimbing kelompok bekerja dan belajar.

5.    Evaluasi.

6.    Memberikan penghargaan.

 

Apa saja perangkat pembelajaran yang mendukung Kurikulum Merdeka belajar ?*?

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran serta bentuk lainnya.

 

Apa tujuan dari program Merdeka Belajar?

Merdeka belajar yaitu salah satu upaya kemerdekaan dalam berpikir dan berekspresi. Pada dasarnya program merdeka belajar ini memiliki tujuan untuk memerdekakan guru dan siswa. Ini sejalan dengan semangat Ki Hajar Dewantara yaitu memerdekakan manusia khususnya dalam hal pendidikan.

 

Apa saja komponen Merdeka Belajar?

7 Komponen Contextual Learning di Konsep Merdeka Belajar

·       Konstruktivisme. ...

·       2. Inquiry (Menemukan) ...

·       3. Questioning (Bertanya) ...

·       4. Learning Community (Masyarakat Belajar) ...

·       Modelling (Pemodelan) ...

·       6. Reflection (Refleksi) ...

·       7. Authentic Assessment (Penilaian yang Sebenarnya)

·       3 langkah dalam proses pembelajaran?

·       Pembelajaran sebagai suatu proses kegiatan, dari berbagai sumber secara umum dapat dikatakan terdiri atas tiga fase atau tahapan. Fase-fase/ tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang dimaksud meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanan, dan tahap evaluasi